Home > Balik Nama BBN II

Balik Nama BBN II

 Informasi Pengurusan Balik Nama

 CV.KEMIT JAYA

Jl. Delman Utama No. 52 Kebayoran Lama Utara Tanah Kusir Jakarta Selatan 12440  Telp.  (021) 7238374 -           021-93477722.
Tlp.SMS:  0813 8509 6456 – 0878 7733 3477 

Email : kemit.jaya@yahoo.com

PIN BB Invite : 57139679 

OBJEK PAJAK
Penyerahan kepemilikan kendaraan bermotor.; termasuk dalam pengertian kendaraan bermotor beroda beserta gandengannya, yang dioperasikan di semua jenis jalan darat dan yang dioperasikan di air dengan ukuran isi kotor GT 5 (lima Gross Tonnage) sampai dengan GT 7 (tujuh Gross Tonnage).
DIKECUALIKAN
Kereta api; Kendaraan bermotor yang digunakan untuk keperluan pertahanan dan keamanan negara; Kendaraan bermotor yang dimiliki kedutaan, konsulat, perwakilan negara asing dengan asas timbal balik dan lembaga-lembaga internasional yang memperoleh fasilitas pembebasan pajak dari Pemerintah; dan Kendaraan bermotor yang dimiliki oleh pabrikan atau importir yang semata-mata disediakan untuk keperluan pameran dan tidak untuk dijual.
Termasuk penyerahan kendaraan bermotor meliputi : Penguasaan kendaraan bermotor melebihi 12 (dua belas) bulan dianggap sebagai penyerahan, kecuali penguasaan kendaraan bermotor karena perjanjian sewa beli; Pemasukan kendaraan bermotor dari luar negeri untuk dipakai secara tetap di Indonesia kecuali untuk : Dipakai sendiri oleh orang pribadi yang bersangkutan; diperdagangkan; dikeluarkan kembali dari wilayah pabean Indonesia; dan digunakan untuk pameran, penelitian, contoh, dan kegiatan olahraga bertaraf internasional.
SUBJEK PAJAK
Orang pribadi; Badan; yang dapat menerima penyerahan kendaraan bermotor.
WAJIB PAJAK
Orang pribadi; Badan; yang menerima penyerahan kendaraan bermotor. Dalam hal Wajib Pajak badan, kewajiban perpajakannya diwakili oleh pengurus atau kuasa badan tersebut.
TARIF PAJAK
Ditetapkan masing-masing sebagai berikut : Penyerahan pertama sebesar 10%, Penyerahan kedua dan seterusnya sebesar 1%.
Khusus untuk kendaraan bermotor alat-alat berat dan alat-alat besar ditetapkan masing-masing sebagai berikut : Penyerahan pertama sebesar 0,75%; Penyerahan kedua dan seterusnya sebesar 0,075%.
DPP
Nilai Jual Kendaraan Bermotor; dan
NJKB ditetapkan berdasarkan Harga Pasaran Umum.
CARA PERHITUNGAN
TARIF PAJAK x DASAR PENGENAAN PAJAK.
Pembayaran dilakukan pada saat pendaftaran.
MASA PAJAK
Jangka waktu yang lamanya sama dengan jangka waktu penyerahan kendaraan bermotor pertama ke penyerahan berikutnya.
SAAT TERUTANG
Pada saat penyerahan kendaraan bermotor.
PENDAFTARAN
Wajib Pajak wajib mendaftarkan penyerahan kendaraan bermotor dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sejak saat penyerahan.
Orang pribadi atau badan yang menyerahkan kendaraan bermotor melaporkan secara tertulis penyerahan tersebut kepada Gubernur dalam hal ini Kepala Dinas Pelayanan Pajak.
Laporan tertulis paling sedikit berisi : nama dan alamat orang pribadi atau badan yang menerima penyerahan; tanggal, bulan, dan tahun penyerahan; nomor polisi kendaraan bermotor; lampiran fotokopi STNKB; dan khusus untuk kendaraan di air ditambahkan pas dan nomor pas kapal.
SYSTEM PEMUNGUTAN
Official Assessment : Pengenaan pajak yang dibayar oleh Wajib Pajak setelah terlebih dahulu ditetapkan oleh Gubernur atau pejabat yang ditunjuk melalui SKPD atau dokumen lain yang dipersamakan.

 

Detail Informasi Balik Nama II (BBN II)

Pengertian Balik Nama STNK dan BPKB kendaraan bermotor adalah, pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik pertama (I) ke tangan pemilik kedua (II) dan seterusnya dari dasar jual beli dan hibah kendaraan bermotor. Setelah selesai proses balik nama akan berubah nama pemilik di STNK dan di BPKB, tapi nomor polisi tidak berubah kecuali pindah keluar daerah kabupaten atau kota . Tempat pengurusan balik nama alih kepemilikan kendaraan bermotor dilakukan setiap samsat daerah kabupaten dan kota  Indonesia.

Sebenarnya Proses tidak bertele-tele jika kita sudah mengetahui prosedurnya, dan sebaliknya akan terasa rumit dan mengecewakan jika kita belum mengetahui caranya. Okelah akan saya pandu satu persatu tentang apa yang harus dipersiapkan :

Cara pengurusan balik nama kendaraan bermotor di Samsat  Jakarta selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Tangerang, Bekasi dan Depok.

Sebagai catatan : Tentukan hari luang dimana kita akan memproses Balik nama tersebut, siapkan mental kesabaran karena kita tentu akan menunggu antrian yang memakan waktu, usahakan datang sepagi mungkin biar kita tidak mengantri terlalu lama.

Simulasinya balik nama STNK seperti dibawah

Sipakan kendaraan yang akan diurus untuk dibawa ke samsat sesuai wilayah masing-masing. Setelah sampaai di samsat ihat plang ataau area cek fisik yang telah disediakan khusus oleh pelayanan samsat. setelah sampai pada area farkir cek fisik samsat anda akan melihaat petugas cek fisik berseragam biru sedang siaga ditengah area parkir  langsung tanya saja sesuai dengan keperluan anda.  Setelah itu Anda akan mendapatkan tuntunan untuk proses cek fisik. Pastikan kendaraan anda tidak bermasalah pada saat cek fisi. kalau kendaraan anda punya masalah baik nomor mesin atau nomor rangka tidaka sesuai dengan data samsat atau blokir pidana, jangan harap kendaraan anda akan bisa bawa pulang dan anda juga akan berurusan dengan rserse ranmor. Proses cek fisik ini lamanya lebih kurang 2 jam sesuai dengan waktu penurunan suhu mesin anda karena petugas cek fisik tidak akan mau langsung meraba mesin mobil anda pada saat suhu tinggi. 

Setelah anda mendapatkan hasil cek fisik langsung dilampirkan Persyaratan sebagai berikut:
1. Hasil Cek Fisik Kendaraan
2. STNK Asli + FC
3. BPKB Asli + FC
4. FC KTP Pemilik kendaraan saat ini (KTP Pembeli)
5. Kwitansi Jual Beli Kendaraan Bermaterai Rp. 6000,-

Proses:
1. Mengisi formulir Balik Nama yang diperoleh di Loket Pendaftaran Balik Nama
2. Melampirkan syarat-syarat yang dibutuhkan
3. Serahkan ke Loket Balik Nama Kendaraan
4. Anda akan diberikan tanda terima bahwa berkas dalam proses
5. Silahkan menunggu hingga nama dan Nopol Kendaraan anda dipanggil oleh petugas untuk membayar biaya administrasi serta pajak kendaraan (Bila pajak telah lunas, cukup membayar administrasi saja)
6. Setelah selesai pembayaran, tanda terima berkas anda akan diberi cap lunas biaya administrasi
7. Beberapa menit menunggu nama anda akan dipanggil
8. Proses Balik Nama STNK kendaraan telah selesai.

Semua kelengkapan Surat difotokopi rangkap 2 (dua) untuk proses pengurusan BPKB

Samsat Soreang

 

Simulasi balik nama BPKB

Setelah wajib pajak selesai pengurusan balik nama STNK, maka tahap selanjutnya balik nama bpkb. Apa syarat-syarat balik nama bpkp?

1. Siapkan BPKB asli

2. Foto kopi KTP sesuai nama STNK

3. Foto copi Kwitansi pembelian

4. Foto copi cek fisik

Setelah dokumen tersebut lengkap, gabungkan  dalam satu map lalu pergi ke gedung biru tidak jauh dari gedung samsat. Sebelum masuk ke gedung biru,  didepan pintu anda akan akan di arahkan oleh petugas untuk mengambil nomor antri masuk gedung. Pada antrian ini anda anda harus bersabar karena antrianya sangat panjang atau sedikit anda akan dijemur trik matahari. Setelah anda dapat nomor antirian masuk gedung anda sudah dapat meminta formulir isian untuk pendaftaran balik nama bpkb pada loket bank BRI. Kenapa di loket BRI?  ada pembayaran PNBP (pendapatan negara bukan pajak) atau administrasi ganti buku BPKB sebesar Rp. 80.000, untuk mobil. Setelah anda membayar PNBP anda akan menerima formulir dan barcot  untuk ditempelkan pada bagian bawah formulir. Setelah selesai  formulir di isi dengan data pemilik dan data kendaraan , pemohon langsung mendaftarkan di loket BBN II BPKB, menunggu 2 menit anda akan mendapatkan tanda terima pendaftaran penulisan BPKB. Setelah itu anda tidak perlu menunggu lansung pulang kiria kira 10 hari kembali lagi ke gedung biru untuk menukarkan tanda terima dengan BPKB asli pada loket pengambilan BPKB selesai sebelak iri gedung. Inilah sekilas pengurusan balik nama BPKB  diwilayah samsat Polda Metro jaya

Biala anda tidak punya waktu atau kesulitan bisa minta bantua  Biro Jasa CV.KEMIT JAYA  sesuai dengan alamat tertera diatas

Title website anda